Zamhuri : Menulis itu harus Istiqomah

KUDUS – Belajar menulis atau mendalami ilmu jurnalistik, itu bukan hal sulit. Hanya saja, dalam perjalanannya, dibutuhkan sebuah konsistensi (istiqamah), yakni dengan belajar dan mengasah terus menerus.

Penulis yang juga Manajer Yayasan Pembina Universitas Muria Kudus (UMK), mengutarakan hal itu saat menjadi narasumber Journalistic Internship Program (JIP) 2016, yang diselenggarakan oleh PC. Gerakan Pemuda Ansor Kudus.

‘’Menulis itu tidak sulit, karena menulis itu bukan bakat. Dalam menekuni dunia penulisan, yang sulit itu adalah istiqamah,’’ kata pemimpin redaksi website dan Tabloid Info Muria Universitas Muria Kudus (UMK), dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula PCNU Kudus, Jum’at (18/11/2016).

Zamhuri yang dikenal sebagai penulis yang aktif sejak mahasiswa, pun memotivasi para peserta yang hadir dalam pekan ketiga digelarnya JIP 2016 itu. ‘’Jika membaca adalah sebuah kewajiban, maka menulis pun menjadi sebuah kewajiban,’’ tegasnya saat memaparkan materi dipandu salah satu panitia, Qomarul Adib.

Dia mengaku prihatin karena orang-orang Barat dan Eropa yang notabene tidak pernah belajar Al-Qur’an, tetapi justru mengamalkannya. ‘’Al-Qur’an itu seperti bercerita. Nah, orang-orang Barat dan Eropa, yang memproduksi film-film dengan tujuan bercerita, dan orang Islam hanya mendengarkan saja. Mestinya kita suka bercerita, karena itu salah satu ajaran Al-Qur’an,” ungkapnya.

Keprihatinan lain yang diungkapkan Zamhuri, yaitu mengenai tokoh yang menjadi idola anak-anak. “Tokoh seperti Batman dan Superman yang sangat diagung-agungkan, itu tidak nyata. Mengapa umat Islam tidak mencoba hal yang sama dengan mereka, dengan mengangkat cerita-cerita kearifan dan tokoh lokal yang inspiratif. Ini peluang-peluang yang bagus dan mesti diambil para santri,’’ tuturnya.

Di akhir pertemuan, dia berpesan agar para peserta JIP dan santri berlomba-lomba untuk menelorkan karya-karya. ‘’Jangan memikirkan untuk menghasilkan karya yang sempurna, tetapi bagaimana Anda bisa berkarya sebanyak-banyaknya,’’ paparnya. (Vega Afifah-Portal)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *